5 Otot Buatan Tercanggih

5 Otot Buatan Tercanggih

Rewalk
Rewalk adalah inovasi yang bisa menjawab mimpi para kaum divable, alat ini dapat menopang tubuh pengguna agar bisa berjalan layaknya masyarakat umum, pergerakan dari rewalk dikendalikan oleh sensor yang dapat mendeteksi gerakan tubuh pengguna untuk nantinya diteruskan kepada motor listrik yang berada di lutut mata kaki dan pinggul dari rewalk.
Dengan baterai berbentuk backpack rewalk memiliki berat keseluruhan hingga 23.5kg, keseluruhan operasi dari rewalk dikendalikan oleh windows operated computer yang tertanam pada otak alat ini, selain itu pengguna dapat memilih kondisi yang diinginkan seperti duduk, berjalan, dan berdiri.
Rewalk memiliki dua versi, yaitu rewalk p yang dirancang khusus untuk institusi kesehatan untuk terapi, dan rewalk 2.0 untuk penggunaan pribadi.
Alat ini tergolong mahal karena dijual hingga $85.000 atau sekitar 100 jutaan.

Rex Robotik
Duduk di kursi roda dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi peredaran darah, bagaimanapun juga para kaum divable juga ingin merasakan berkjalan kembali. Rex exoskeleton robot adalah alat yang memungkinkan para kaum divable untuk bisa berdiri kembali. Alat ini terbuat dari bahan yang ringan dan kuat sehingga dapat menahan beban pengguna dengan nyaman saat mereka bergerak.
Penggunaan dari rex robotic adalah dengan mengikatkan kaki pengguna ke kaki exoskeletan dengan sabuk khusus yang pas di kaki dan pinggang pengguna.
Rex robotic dirancang untuk fleksibilitas yang tinggi, walaupun terbilang lamban alat ini mampu untuk naik turun tangga, berjalan di atas jalan yang tidak rata serta jalan yang landai yang didukung dengan baterai yang tahan hingga 2 jam.
Rex robotic dikembangakan di new zealend dengan target pemasaran eropa dan australia dengan kisaran harga 120 jt an
CsiC exosceleton Robots
Dewan riset keamanan spanyol (CSIC) telah memperkenalkan exoskeleton untuk anak-anak dengan atrofi otot tulang belakang, penyakit degeneratif ini setidaknya menyerang 1 dari 10.000 anak di spanyol. Exoskeleton CSIC masih dalam tahap pra klinis namun para pengembang berharap alat siap di gunakan untuk para anak-anak penyandang disabibilitas.
Csic adalah alat yang dirancang untuk ank-anak penderita atrofi. Alat ini memiliki berat hanya 8 kg dan dapat disesuaikan dengan dimensi tubuh pengguna, selain itu alat ini memiliki 5 motor listrik di setiap siku yang meniru pergerakan kaki manusia dan ditenagai baterai yang tahan hingga 5 jam.
Pengguna memiliki kontrol langsung terhadap pergerakan alat ini berdasarkan gerakan tubuh dan dapat meresponnya dengan sangat cepat karena memiliki sensor yang sensitif dan pengontrol gerakan yang sangat tepat.
XOS 2
Xos 2 adalah otot robotic generasi kedua yang dikembangkan khusus untuk angkatan darat amerika. Alat ini didemonstrasikan pertama kalinya pada tahun 2010. Alat ini diharapkan dapat meningkatkan kekuatan, ketangkasan dan daya tahan manusia dari prajurit di dalamnya.
XOS 2 menggunakan hidrolik tekanan tinggi untuk memungkinkan pemakainya mengangkat beban berat dengan perbandingan 17:1 dari berat aktual untuk berat yang dirasakan. Kemampuan tersebut membuat XOS 2 dapat memudahkan prajurit untuk mengangkat amunisi tempur dengan mudah.
Jacket MK3
Jepang memang dikenal dengan teknologi robotnya, salah satu inovasi yang diciptakan oleh sagawa elektronic adalh exoskeleton jacket mk3, alat ini tidak memiliki fungsi khusus dalam penggunannya, tetapi memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan exoskeleton buatan barat.
Mk3 dibuat dari kombinasi aluminium dan serat karbon serba rangkanya sehingga ringan dan kuat. Beratnya hanya 25kg tapi memiliki tinggii hingga 2.25m dimana pergerakan lengan kita akan langsung terikat kepada sistem yang akan menggerakan robot ini.
Jacket mk3 memiliki 14 motor servo dimana 8 diantaranya dirancang oleh tim. lengannya mampu mengangkat beban 15kg, tapi untuk alasan keamanan mereka hanya membatasinya hanya 2 kg.
5 Otot Buatan Tercanggih



5 Otot Buatan Tercanggih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *