Kenapa Pesawat Bisa Terbang?
|Kenapa Pesawat Bisa Terbang?
Bobotnya bisa sampai 150 ton, terbuat dari metal, bukan burung, tapi bisa terbang. Pernahkah kamu penasaran bagaimana pesawat yang segitu gedenya bisa terbang?
—
Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! ‘Kok Bisa’ ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let’s watch the videos and go curiosity!
—
FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!
Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects
Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink
—
Follow our social media for more updates, stuff and facts!
Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel
—
For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com
—
References:
Anderson, John D. Jnr. (1997). A History of aerodynamics. Cambridge: Cambridge University House.
Angelucci, Enzo; Matricardi, Paolo (1977). World aircraft: Origins – world war I. London: Sampson.
LowJarrett, Philip, ed. (2002). Pioneer aircraft: Early aviation before 1914. London: Putnam Aeronautical Books.
Anderson, John David. (2004). Inventing flight: The wright brothers & their predecessors. John Hopkins University Press.
Stokes, G. (1845). “On the theories of the internal friction of fluids in motion”. Transaction of the Cambridge Philosophical Society.
http://www.indiana.edu/~e232/09-Han.pdf
http://invention.psychology.msstate.edu/i/Chanute/library/Prog_Aero_Nov1892.html
http://www.flightjournal.com/who-was-first-the-wrights-or-whitehead/
http://planes.axlegeeks.com/l/292/Boeing-777-300ER
https://www.airlines-inform.com/commercial-aircraft/Boeing-777-300.html
http://www.boeing.com/assets/pdf/commercial/airports/acaps/777_23.pdf
http://driving.ca/hyundai/accent/auto-news/news/these-are-the-ten-lightest-cars-you-can-buy-in-2015
https://airandspace.si.edu/exhibitions/wright-brothers/online/who/
https://www.youtube.com/watch?v=YyeX6ArxCYI
https://www.youtube.com/watch?v=Gg0TXNXgz-w
https://www.youtube.com/watch?v=7rMgpExA4kMhttps://www.youtube.com/watch?v=tHwKvQ9qMZc
https://www.youtube.com/watch?v=WdEWzqsfeHM&list=PLC__YC_3wJ3XeVNFQGZAMDLr82cBuo44q
https://www.youtube.com/watch?v=aFO4PBolwFg –https://www.youtube.com/watch?v=ronHBZ6haDw https://www.youtube.com/watch?v=bGtyR6Ah5xQ https://www.youtube.com/watch?v=kz5kv0RfeUc
https://www.youtube.com/watch?v=KjiUUJdPGX0
https://www.youtube.com/watch?v=3s2QPQnuaGk
—
Credits:
– https://kokbisachannel.wordpress.com/2017/04/19/kenapa-pesawat-bisa-terbang/
– Kevin MacLeod for awesome music
– Sunshinelammi from Reddit, for this episode’s end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
– And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!
Kenapa Pesawat Bisa Terbang?
Kenapa Pesawat Bisa Terbang?
Mimin sedikit mau bikin FAQ buat pertanyaan2 yang masuk:
(Annas Muslimin: Bukannya pesawat itu yang pertama nemu in ahmad farnis yg dari cendekiawan muslim?)
Yup, kayakjawaban +Irredeano Anno di atas, Wright bersaudara dihargai sebagai Bapak Pesawat Terbang karena berhasil membuat mekanisme daya terbang menggunakan mesin yang dapat dikendalikan. Ga cuma itu, mereka juga berhasil membuktikannya pakai prototipe yang sukses terbang dengan awak. Artinya, dari penemuan Wright bersaudaralah teknologi pesawat terbang bisa berkembang jadi secanggih sekarang. Itu kenapa aviasi modern lebih merujuk pada Wright bersaudara daripada Abbas Ibn Firnas atau Leonardo Da Vinci, yang sebetulnya udah bikin konsep alat untuk membantu manusia terbang jauuuuh sebelumnya. Semoga membantu yah! *wink
Reference:
https://airandspace.si.edu/exhibitions/wright-brothers/online/fly/1902/worldrecord.cfm -wright flight
http://www.livescience.com/49210-leonardo-da-vinci-futuristic-inventions.html -da vinci blue print
Lynn Townsend White, Jr.1961. "Eilmer of Malmesbury, an Eleventh Century Aviator: A Case Study of Technological Innovation, Its Context and Tradition", Technology and Culture 2 (2), p. 97-111
(Fahmi Juliansyah: Gaya tarik bumi jangan digambarkan dengan magnet, keduanya hal yang berbeda. Medan magnet dan gravitasi…)
JAWABAN
Terima kasih buat sarannya. Selama masih belum terlalu mengganti makna, emang sengaja memakai visual kreatif biar penjelasannya lebih gampang dimengerti. Di luar itu, mimin pastinya tetep berusaha memastikan agar ilustrasi-ilustrasi yang penjelasannya krusial tetap digambarkan secara akurat. Makasih masukannya!
(Insan Kamil: Pesawat bisa terbang karena Lift… Dan pesawat bergerak karena thrust… Wing kan butuh kecepatan buat buat ngehasilin daya angkat…)
JAWABAN
Yup… Lift (daya angkat) emang sangat didukung oleh kecepatan, makanya pesawat ngebut banget kan waktu take off (kayak pegadang bakso kaki lima ilegal lagi lari dari kejaran satpol PP). Menyeimbangkan 4 gaya Lift, Weight, Drag & Thrust sendiri jadi syarat minimal supaya pesawat terbang bisa tetap melayang di udara. Prinsip Net Force = 0 ini juga berlaku saat pesawat diam di manapun berada kok 🙂
(GloxE: Kebalik, udara dirangkap atau ditumpuk di atas pesawat, sehingga tekanan di atas sayap pesawat lebih rendah, ini disebut Ventury effect….)
JAWABAN
Halo, GloxE. Makasih responnya. Dari yang kami baca, poin-poin yang kamu sampaikan sebetulnya udah tercantum di video kok, termasuk soal perbedaan kecepatan (velocity) dan tekanan (pressure) yang bukan cuma terjadi di bagian atas sayap pesawat aja, tapi sebetulnya termasuk juga di bagian bawahnya. Coba tengok lagi bagian prinsip Fluida Bernoulli yang berlaku pada airfoil. Maka dari itu, terkait komentarmu soal Venturi Effect jadi kurang tepat karena beberapa alasan. Pertama, teori tentang Venturi Effect cuma menguraikan soal kecepatan dan tekanan di bagian atas airfoil aja, padahal bagian bawah juga sebetulnya terpengaruh ‘lift’. Kedua, airfoil ga bisa disamakan dengan tabung venturi (venturi nozzle), sehingga ga bisa menjelaskan bagaimana ‘lift’ juga bisa dipakai buat lempengan datar. Jawaban ini Kok Bisa rangkum dari ulasan NASA dan hasil konsultasi kami dengan Mas Bagus Nugroho, ilmuwan ‘naval and aerospace system’ yang sekarang jadi peneliti di University of Southampton dan University of Melbourne. Fokus penelitian Mas Bagus adalah mekanika fluida, khususnya ‘turbulent boundary layer flow control’. Jadi selanjutnya boleh coba ‘cross check’ lagi pendapatmu, jangan bosan-bosan buat terus cari tahu, dan tentunya sering-sering kasih masukan bermanfaatmu ke Kok Bisa ya!
1. Airfoil tidak bisa disamakan dengan venturi nozzle
2. Venturi effect tidak bisa menjelaskan bagaimana “lift” dapat juga berlaku pada lempengan datar (airfoil yang mendatar)
3. Teori ini hanya menguraikan mengenai tekanan dan kecepatan pada permukaan bagian atas dari airfoil, namun tidak pada bagian bawahnya. Seharusnya jika memang terjadi seperti itu permukaan bagian bawah dapat dibentuk sesuka hati, namun nyatanya tidak, karena permukaan bagian bawah juga berpengaruh pada “lift” yang didapatkan
4. Beberapa bagian yang bersinggungan mengenai persamaan bernoulli pada teori ini sebetulnya merupakan hal yang benar, namun teori yang berkaitan dengan venturi effect berlandaskan pada asumsi yang kurang tepat (penyempitan pada arus udara menghasilkan medan kecepatan) karena seharusnya kita dapat memperhitungkan kecepatan dan menggunakan persamaan bernoulli untuk dapat menghitung tekanan untuk mendapatkan perhitungan area tekanan-nya namun nyatanya jawaban yang kita dapat tidak dapat menunjukkan “lift” dari airfoil yang ada
Reference:
https://www.grc.nasa.gov/www/k-12/airplane/lift1.html
https://www.grc.nasa.gov/www/k-12/airplane/wrong3.html
http://www.efluids.com/efluids/books/Smits_text_part1.pdf
(Feriyan Lukmanul Hakim: Mungkin bentuk wings lebih enak dipanggil airfoil kali ya, dibandingkan agak melengkung… )
JAWABAN
Istilah ‘airfoil’ memang tepat buat mendeskripsikan bentuk sayap pesawat yang melengkung. Namun pada penjelasan Kok Bisa di video kami membuatnya begitu supaya ga terlalu membingungkan buat banyak audiens karena diberi banyak istilah-istilah baru. Trims masukannya, Feriyan!
(Randy D’nata: Saya agak triggered ketika melihat F Drag = F Thrust. Harusnya F Thrust > F Drag. Karena kalo ngga pesawatnya diam di situ dan jatuh…)
JAWABAN
Halo, Randy! Secara umum, sebetulnya Kok Bisa pengin menyederhanakan bahwa F Drag = F Thrust adalah syarat minimal bagi pesawat buat bisa melayang di udara. Meski begitu, memang nyatanya alasan pesawat bisa terbang kan memang lebih ribet, termasuk pasti harus F Thrust > F Drag juga supaya bisa gerak. So, trims banget feedbacknya yah!
Kenapa kapal tidak tenggelam/kapal mengapung?
Penemu Pesawat Pertama adalah abbas ibnu firnas penemu pesawat muslim pertama di didunia
Btw kenapa kalo nonton bokep auto ngaceng
pesawat terbesar ITU APA sih kak
kenapa kapal bisa megapung
Deep condolances for JT610 Crash
Baling baling jet dan balon
Min pertahankan gaya bahasanya …… mudah di mengerti ada unsur humor sip
Pesawat bisa terbang karena memanipulasi gaya, kalau manusia bisa terbang gak?
min, kenapa anak babi jalanya nunduk?
Bagai mana mengetir pesawat
Mimin yth…,k3napa pesawat bs jatuh…
Aq mau tanya..
Kenapa perut kita kenyang setelah makan..
Wkwkwkw
Kalo gk bisa terbang ya namanya bukan pesawat :v
Mengapa pesawat bisa terbang walaupun pesawatnya besi
matur suwun
kenapa pesawat dibuat seperti itu, bagaimana kalau ada bentuk yang lebih praktis lagi untuk pesawat seperti bebentuk kotak , dan tanpa sayap?
min bagaimana dengan big bang?
Ini yang dinamakan tidak ada yang tidak mungkin didunia ini,pengen terbang pakai pesawat,pengen ngirim video ngegay ke pacar tapi jauh tinggal pakai gne
jatah napas 4 hari kek kentut
Berduka cita untuk Lion Air JT-610
Yang saya suka dari channel ini, channel ini selalu menyajikan konten/informasi dengan data yang valid. Ngak asal ngomong kayak channel calon sarjana
Pada sayap penerapan hukum bernouli p1>p2 v1<v2 wkwk au ah
Bang kok kalau kita di gelitik itu geli
Saya mau tanya kenapa pesawat kalau udah naik keudara ban harus ditutup …kan banyak yang mau turun gagal mengeluarkan ban itu?
Kebapa yak kok pesawat sayapnya di paling pojok melengkung?
Ini materi fisika kelas 11 :v
bilang aja karena ada mesinnya :v