TIGA KOMPONEN MOBIL YANG SERING RUSAK “KAKI KAKI”
|TIGA KOMPONEN MOBIL YANG SERING RUSAK “KAKI KAKI”
TIGA KOMPONEN MOBIL YANG SERING RUSAK “KAKI KAKI”Berikut komponen kaki kaki mobil yang sering rusak :
1. Ball Joint
Ball Joint adalah komponen kaki kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara sayap (arm) dengan knuckle roda. Selain itu Ball Joint ini memiliki fungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri. Posisinya berada menempel pada sayap langsung tapi ada juga yang dipasang menggunakan baud. Dalam satu roda depan ada yang menggunakan dua buah Ball Joint atas dan bawah,tetapi ada juga yang menggunakan satu buah Ball Joint bawah saja. Ball Joint merupakan komponen kaki kaki mobil yang sering rusak karena fungsinya atau kerjanya yang sangat berat dan terus menerus. Gejala yang ditimbulkan jika Ball Joint rusak adalah terdengar bunyi gluduk gluduk saat mobil berjalan dijalan yang tidak rata (jalan rusak). Untuk memeriksanya,dongkrak roda depan yang akan dilakukan pemeriksaanàkemudian goyangkan roda ke atas dan kebawah sedikit menyerong. Rasakan apakah ada kocak pada Ball Jointnya,jika ada dapat dipastikan Ball Jointnya rusak.
2. Tie Rod
Tie Rod adalah komponen kaki kaki mobil yang berfungsi menghubungkan antara Rack End stir dengan roda. Mobil dapat bergerak ke kanan dan ke kiri karena Tie Rod yang berhubungan dengan sistem stir. Jadi jika Tie Rod ini rusak akan sangat terasa pada stir yang kita kendalikan .Masing masing roda depan memiliki satu Tie Rod tetapi ada juga beberapa mobil yang menggunakan dua buah Tie Rod dalam satu dora (satu Tie Rod terhubung dengan Roda satunya lagi tehubung dengan tangan gareng).Gejala yang ditimbulkan jika Tie Rod rusak,stir akan terasa tidak stabil seperti oleng ke kanan dan ke kiri,selain itu juga stir akan terasa sedikit bergetar jika tie rod rusak,dan akan menimbulkan bunyi kletek kletek saat berbelok. Untuk memeriksanya anda harus mendongkrak roda depan,kemudian menggoyangkan kesamping kanan dan kiri,jika terasa kocak berarti Tie Rod rusak.
3. Rack End
Rack End ini berfungsi untuk menghubungkan antara Warm Stir dengan Tie Rod,selain itu Rack End juga berfungsi untuk mengatur tingkat kestabilan roda. Stabil artinya,Rack End berperan untuk mengatur tingkat kelurusan roda agar mobil dapat berjalan dengan lurus. Biasa diatur saat anda melakukan spooring orda mobil. Jika Rack End rusak gejalanya hampir sama dengan Tie Rod,untuk itu saat anda memeriksa Tie Rod perhatikan juga apakah yang rusak Tie Rodnya atau Rack Endnya Tips,
Perawatan Kaki-kaki mobil,
Bengkel,
do it yourself,
DIY,
how to,
do it yourself auto repair,
steering linkage,
rack and pinion,
power steering,
steering gear,
tie rod,
tie rod end,
outer tie rod,
inner tie rod,
roadragecustoms,
road rage customs,
roadrage customs,
camber,
caster,
toe,
TIGA KOMPONEN MOBIL YANG SERING RUSAK “KAKI KAKI”
TIGA KOMPONEN MOBIL YANG SERING RUSAK “KAKI KAKI”
gan kalo shockbreaker kanan depan kena trus dengan spakboard kenape ya gan jd nya body kena kelupas terus..
mohon info nya gak..
makasie
mobil glaq xenia gan klo dijalan jelek kocak n bunyi rasanya kira2 apanya ya bos..
klo saya bunyu gluduk2 saat jalan rusak.. tpi kalo jalan rata sepi.. ball join atau racksteer ya kadang ke steer jg berasa kletek kletek saat jln jelek..mobil swift 08,,kali ada yg bisa bantu jawab..
bawa ke bengkel saya di jamin sembuh total….
roda makan sebelah kaki2 bunyi gluduk2 kemudi terasa getar… kemudi lari….jalan rusak bunyi… di jamin sembuh… hub saya di wa 089668458597 daerah pandaan pasuruan jawa timur
Maaf sebelumnya mas sya mau tanya mobil saya fultura waktu mobil jalan di jalan mulus kok ber suara kletek -kletek itu knpa ya mas maksh
Mohon petunjuknya sahabat veloz .. saya memiliki veloz 1,3 mslhnya klu belok patah kekanan kok roda sebelah kiri rasa mau copot.. udah saya bawak kebengkel resmi toyota ngak juga bisa. Tlg klu ada yg mengalami hal yg sama tlg bagi ilmunya terima kasih
sangat membantu trims bos