Ini Dia Proses Perakitan dan Uji Coba Lokomotif Baru PT KAI
|Ini Dia Proses Perakitan dan Uji Coba Lokomotif Baru PT KAI
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Lokomotif tipe CC206 buatan General Electric Amerika Serikat ini menjalai proses perakitan dan uji coba di Balai Yasa Yogyakarta.
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, CC206 menempuh proses panjang dan penuh risiko untuk bisa dipakai beroperasi. Dimulai dari tiba di pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta, lokomotif yang tiba berupa bodi bagian atas harus dibawa ke Yogyakarta untuk dirangkai dengan bodi bagian bawah dan diuji. Setidaknya butuh waktu sekitar satu minggu hingga lokomotif berdaya 2250HP yang mampu menarik hingga 30 gerbong barang ini siap dioperasikan.
Proses pengiriman bodi atas CC206 dari Jakarta hingga Yogyakarta dilakukan menggunakan truk pengangkut khusus yang merayapi jalur pantura. Butuh berhari-hari untuk tiba di Balai Yasa Yogyakarta di Pengok, kawasan sebelah timur stasiun Lempuyangan.
Kepala Balai Yasa Yogyakarta, Eko Purwanto menjelaskan, ketika tiba, lokomotif tersebut biasanya segera dirangkai. Satu unit lokomotif akan mendapat dua unit bogie atau bodi bawah. Bodi bawah ini terdiri dari rangka dan motor traksi yang telah dirangkai di PT INKA Madiun.
“Jadi ketika lokomotif sampai, masuk ke Balai Yasa, paginya biasanya segera dirangkai. Bogie sudah dipersiapkan di dalam Balai Yasa. Lokomotif kemudian diangkat menggunakan crane dan dipasangkan dengan bogie,” jelas Eko, beberapa waktu yang lalu.
Berikutnya, lokomotif ditarik untuk diisi pelumas dan bahan bakar. Setelah berbagai pengecekan perangkat beres, lokomotif kemudian untuk pertama kalinya dinyalakan di luar los Balai Yasa. Mesin akan dipacu setinggi mungkin untuk mengetahui kemungkinan adanya komponen yang tidak berfungsi.
“Setelah semuanya beres, barulah untuk pertama kalinya loko diuji di jalur tes. Loko akan dipacu, ini disebut uji dinamis,” lanjut Purwanto.
Di jalur tes sepanjang sekitar 800 meter yang ada depan kawasan Balai Yasa, lokomotif akan dipacu untuk menguji berbagai komponen gerak lainnya. Proses ini cukup berisiko mengingat bisa saja beberapa komponen penting mengalami malfungsi misalnya sistem pengereman. Satu contohnya bisa dilihat ketika pada Sabtu (29/8) satu unit loko baru ini menabrak tembok pengaman.
Setelah menjalani uji dinamis, lokomotif tidak langsung beroperasi. Tes selanjutnya adalah tes beban dengan membawa rangkaian yang dilakukan di jalur rel utama. Setelah tes ini lulus, maka lokomotif bisa segera dioperasikan untuk menarik KA penumpang maupun barang.
Ini Dia Proses Perakitan dan Uji Coba Lokomotif Baru PT KAI
Ini Dia Proses Perakitan dan Uji Coba Lokomotif Baru PT KAI
bentuk fisiknya ,masih keliatan jadul
bro kinclong banget keretanya
ia bro keretanya terlalu dimanjain
jayalah psim
sik banteran peda pancalku
kringggggggggggg,wayahe mulih skul rek
itu buat apa ngerangkai
Saya bangga PT KAI membeli CC206 bagi saya Loko tsb. bagaikan Loko General Electric EVO series yang ada di Amerika, sudah bertenaga bebas emisi pula
vudeo itu baik sekali dan saya sangat suka
roda nya kok kaya kaleng?
itu oli nya pakai Yamalube atau ahhas ya ??
Alhamdulillah saya pernah jadi bagian balaiyasa yk, meski cuma PKL 3 bulan, tepatnya 2005 pernah juga ikut test run…cc203 kalo g salah….seneng e caaaah.
Kereeeen. Bogienya milik inka semoga seiring perkembangan zaman bisa membuat lokomotif mulai Dari rangkaian bawah sampai atas sendiri amiiin
Itu Loko CC 206 15 02 pernah narik KA PANGRANGO Yang saya naikin
Sejak aku masih bayi, balita, anak2 sering diajak ke luar negeri naik pesawat ataupun kereta api.
Kereta api listrik khusus penumpang manusia, thn 1991 aku menyarankan agar konstruksi kabin dan rangka kabin menggunakan bahan baja ringan tebal anti karat, casis baja,roda baja cukup 2 pasang tiap gerbong dan seluruh roda steering whell termasuk roda lokomotifnya ,ini bertujuan untuk mengurangi beban/berat,gaya gesek dan menambah kecepatan laju kereta api.
SOEDIRAN, SETYAWAN TULUS RAHARJO
MON'CHOYS STATION BLORA JATENG
JAYALAH PSIM
Wah aku suka banget
oalah berarti mesin sama body masih amriki to, pake mesin esemka bisa ngak ya 😯?
Kenapa gak produksi sendiri aja..
Kenapa masih ngambil dari luar?
Gila loko d301 bisa narik dua loko cc 206
3:55 tuh kok loko cc 206 ngebut banget di tempat padat seperti itu trus ditambah motor yang tengah parkir persis dekat di pinggir rel
Bagus
Klakson nya sebelah mana tuh
Lokomotif cck 206 tarikan nya enteng refresh halus idle gampang
Asik nyobain kereta baru
Mbah D301 masih kuat ajaa
Itu di yogya kan kasih tau song tempatnya dimana soalnya aku tempatnya diyogya
Eehh maaf maksudnya dong
1:52 itu CC 206 lagi minum