Alat Ukur Ketinggian Otomatis

Alat Ukur Ketinggian Otomatis

Pengukuran merupakan hal yang penting dalam dunia ilmu pengetahuan. Tinggi merupakan salah satu besaran fisis yang sering diukur dalam berbagai keperluan. Peralatan yang digunakan selama ini masih bersifat manual, yang artinya untuk mendapatkan suatu data tinggi masih menggunakan tenaga manusia dimana cara ini telah banyak ditinggalkan dan digantikan dengan alat ukur yang bersifat otomatis. Dimana hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.
Alat ukur merupakan suatu alat yang dapat digunakan oleh manusia untuk membantu dalam proses penentuan tinggi. Kebanyakan alat ukur tinggi yang digunakan saat ini adalah alat ukur tinggi analog atau mekanik. Dalam perkembangannya teknologi sekarang, maka penulis akan membuat alat ukur tinggi otomatis menggunakan sensor ultrasonic untuk menghitung data dari obyek yang diterima.
Sensor yang digunakan untuk mengukur jarak berkerja pada frekuensi 40 KHz agar tidak menganggu pendengaran manusia. Sebagai pusat kendali dari alat ukur ini menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno. Alat ukur tinggi ini mampu mengukur sebuah obyek dengan jangkauan sensor untuk membaca data.
Alat Ukur Ketinggian Otomatis



Alat Ukur Ketinggian Otomatis

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *