Menggerakkan Edukasi Robotik

Menggerakkan Edukasi Robotik

Rangka akrilik berbentuk telapak tangan itu berdiri dengan posisi menengadah di atas meja. Ketika tuas pada modul pengendalinya digeser, ruas-ruas jari pada telapak tangan itu menekuk ke depan. Persis seperti gerak sendi-sendi pada telapak tangan sungguhan.

Hand Robot, nama robot itu, adalah robot buatan Saft7robotics yang difungsikan untuk kepentingan edukasi. Dengan robot ini, orang yang tertarik di bidang robotik, terutama para siswa dan mahasiswa, bisa mempelajari cara membuat robot, mulai dari fungsi dasar komponen sampai pemrogramannya. Selain membuat robot edukasi, Saft7robotics yang berdiri pada 2015 ini juga membuat robot manasuka (customized) berdasarkan pesanan.

Saftari, pendiri dan CEO Saft7robotics, menjelaskan bahwa selama ini ia menangkap, proses belajar siswa atau mahasiswa di bidang robotik kerap terkendala biaya atau komponen yang terbatas. Orang harus membeli komponen yang terpisah-pisah untuk merakit robot, setelah itu mencari sendiri lagi coding dan perangkat lunak untuk pemrogramannya.

Baca selengkapnya di Harian Kompas, 18 Mei 2018.

———————————————————————————————————–

Ingin cari tahu tentang informasi kesehatan, wisata, karier, keluarga, properti, otomotif, teknologi, komunitas, gaya hidup? Temukan ragam informasi di Kompas Klasika.

Facebook: http://facebook.com/kompasklasika
Twitter: http://twitter.com/kompasklasika
Instagram: http://instagram.com/kompasklasika
Website: http://klasika.kompas.id
Menggerakkan Edukasi Robotik



Menggerakkan Edukasi Robotik

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *