Robot Line Follower sangat sederhana

Robot Line Follower sangat sederhana

Robot Line Follower sangat sederhana

Line follower robot adalah sebuah robot yang dapat mengikuti garis secara otomatis. Robot didukung oleh rangkain komponen elektronika yang dilengkapi dengan roda dan digerakan oleh motor. Pengendalian kecepatan sangat bergantung pada batas putaran dan pergesekan antara ban robot dengan lantainya. Robot tersebut dirancang untuk bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti sebuah alur garis yang dibuat.
Untuk membaca garis, robot dilengkapi dengan sensor yang diletakkkan diujung depan dari robot tersebut. Line follower robot ini memiliki jenis dan bentuk serta memiliki beberapa sistem penggerak dan pengendali sebagai pengatur kinerja yang beraneka ragam sesuai dengan kreatifitas pembuatnya.

Bahan yang harus disediakan:
1x Arduino Uno : http://jogjarobotika.com/arduino-uno-r3-compatible-cable-data
2x TCRT5000 : http://jogjarobotika.com/sensor-garis-tcrt5000-infrared-module
1x L298N Driver Motor : http://jogjarobotika.com/l298n-driver-modul
1x Sasis Kit 2WD : http://jogjarobotika.com/2wd-sasis-kit
2xSpacer 3cm :http://jogjarobotika.com/spacer-kuningan-30mm6mm
1x Kabel Jumper Male-Female http://jogjarobotika.com/kabel-jumper-male-female-40pc
Mur baut 3mm, Jack DC Male
Setelah bahan ready maka tahap selanjutnya adalah merakitnya, namun sebelum itu solderlah motor dc, saklar, dan jack dc terlebih dahulu.
Penyolderan Saklar dilakukan dengan cara membagi jumper male-female menjadi dua. bagian female disolder ke bagian 0 (mati) dan bagian male disolder ke bagian – (Hidup). Sedangkan Jack DC disolder dengan cara membuang bagian female dari kabel jumper, perlu dicatat warna dan polaritasnya! Begitupun dengan penyolderan Motor DC
Robot Line Follower sangat sederhana



Robot Line Follower sangat sederhana

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *