Sensor Motion Detection DC 5V Cable and Diagram

Sensor Motion Detection DC 5V Cable and Diagram

Dipasaran untuk sensor gerakan paling murah dan dapat dirakit sendiri adalah tipe PID. Disain seperti alat berbentuk kotak, tersedia dalam unit power AC dan DC.

Diagram video ini
Mengunakan powerbank TP-Link PB15600 sebagai sumber power DC 5V.
Tersambung ke unit sensor motion detection sebagai switching relay power on dan off.
Dan terakhir bila alat sensor menditeksi gerakan, akan memberi power ke lampu.

Yang dicoba kali ini adalah unit DC. Fungsinya sebagai alat penditeksi gerakan, bila alat menangkap sesuatu akan memberikan power ke unit lain. Fungsi utama sebagai switch atau mengaktifkan perangkat lain.
odel Motion Detection DC dibawah ini dapat menerima sumber power DC dari 5-20V/DC.
Setting timer dibagi menjadi 2. Satu potensi yang dapat diputar untuk memberikan waktu tunggu / delay. Misal perangkat menerima ada sesuatu gerakan di depannya, dapat diatur agar tidak langsung aktif, mungkin beberapa detik sebelum mengaktifkan peralatan lain. Potensio kedua untuk waktu tunggu setelah perangkat aktif, dan dapat diatur aktif dari beberapa detik sampai beberapa menit.
Posisi unit yang dibalik, pada board berwarna biru adalah unit sensor untuk menditeksi gerakan.
Unit dengan board berwarna kuning sebagai switch relai elektronik untuk memberikan power ke perangkat lain.
Terlihat sumber power DC positif digabung menjadi satu. Sedangkan unit power DC Minus dipisah untuk memutuskan atau meneruskan arus power, dengan kabel berwarna hitam untuk input dan output berwarna kuning

Memanfaatkan sensor tergantung kebutuhan kita, dan aplikasi yang ingin dibuat. Kita dapa ambil beberapa contoh dibawah ini.

Untuk mengaktifkan lampu. Bila Motion Detection dengan power AC, maka dapat digunakan untuk menyalakan lampu pada tangga rumah, lorong gedung, tempat pintu masuk kos. Ketika seseorang datang maka sensor dapat menyalakan lampu. Sampai beberapa saat misalnya 2-3 menit dan perangkat tidak menditeksi gerakan yang ada di depan sensor. Maka sensor dapat meminta bagian unit relai untuk memutus arus dan lampu mati.
Menyalakan ruang pembersih. Seperti ruang untuk memproduksi makanan, dimana terdapat sebuah ruang steril sebelum seseorang masuk ke dalam ruangan produksi. Seseorang dapat masuk ke satu ruang kecil dan alat menditeksi seseorang sedang berada di dalam. Pekerja atau orang yang masuk akan disterilkan dahulu, misalnya alat sensor motion detection menyalakan lampu ultraviolet dan fan untuk menyedut debu dan partikel dari tubuh pekerja.
Unit bel elektronik seperti dipasang pada mini market, ruang tunggu sebuah usaha untuk mengetahui adanya tamu datang. Juga mengunakan teknologi sensor diteksi untuk mengaktifkan bel suara.
Sensor Motion Detection DC 5V Cable and Diagram



Sensor Motion Detection DC 5V Cable and Diagram

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *