VIDEO PEMBELAJARAN ALAT-ALAT UKUR An. FAHRURROZI, M.M

VIDEO PEMBELAJARAN ALAT-ALAT UKUR An. FAHRURROZI, M.M

SINOPSIS ISI VIDEO PEMBELAJARAN
OLEH : FAHRURROZI, S.Pd.,M.M

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat para Dewan Juri Lomba Keahlian Guru Produktif Tingkat Nasional tahun 2016. Semoga Bapak/Ibu senantiasa dicurahkan Allah SWT kesehatan dan kesuksesan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, Aamiin…..
Pada kesempatan yang mulia ini perkenankan penulis menyampaikan sinopsis dari Video rekaman proses pembelajaran, yang sengaja penulis rekam ketika mengajar mata pelajaran Menggunakan Alat-alat Ukur (measuring tool) pada kelas Sepuluh Teknik Kendaraan Ringan (X TKR 1) SMKN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Rekaman ini di dokumentasi pada hari Senin Tanggal 1 Agustus 2016 dengan durasi 1 jam pelajaran (45 menit).
Video ini dimulai dari langkah awal proses pembukaan pembelajaran, yaitu menyiapkan fisik, psikis siswa dengan menyapa dan memberikan salam, kemudian dilanjutkan do’a, cek kehadiran, serta penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran. Kegiatan inti dimulai dengan menampilkan gambar-gambar serta alat-alat ukur mekanik secara langsung disertai penjelasan tentang fungsi, tata cara penggunaan, pembacaan, dan teknik pemeliharaan alat ukur atau benda yang akan diukur. dan diakhiri dengan kegiatan penutup, siswa menyimpulkan materi yang telah di bahas, kemudian siswa menjawab beberapa pertanyaan untuk evaluasi kegiatan pembelajaran. Karena kegiatan PBM masih pada pertemuan kedua minggu efektif dengan durasi dua jam pelajaran, maka metode yang digunakan didominasi ceramah dan tanya jawab langsung serta pemberian latihan.
Selama PBM berlangsung terlihat seluruh siswa begitu serius mengikuti pembelajaran, kemudian mereka aktif bertanya serta memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Guru memberikan materi tentang fungsi, jenis-jenis, dan tata cara menggunakan, memelihara serta teknik membaca hasil penunjukan alat ukur tersebut. Dari rekaman pembelajaran tersebut tercatat hampir 90% dari jumlah siswa kelas X TKR 1 aktif terlibat mengikuti PBM dengan baik dan sungguh-sungguh.
Demikianlah sinopsis dari rekaman proses PBM ini yang dapat penulis sampaikan, penulis menyadari sangat banyak terdapat kekurangan, dari itu penulis mengharapkan saran dan kritikan dari Bapak Ibu Dewan Juri, demi perbaikan dan peningkatan kompetensi penulis dalam mengajar. Atas saran dan kritikannya terlebih dahulu penulis ucapkan ribuan terima kasih.

Sungai Pimping, Agustus 2016
Penulis

FAHRURROZI, S.Pd.,M.M
NIP. 19771119 200501 1 006
VIDEO PEMBELAJARAN ALAT-ALAT UKUR An. FAHRURROZI, M.M



VIDEO PEMBELAJARAN ALAT-ALAT UKUR An. FAHRURROZI, M.M

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *