PLC Schneider TWIDO – PID Controller

PLC Schneider TWIDO – PID Controller

Monitoring dan Controlling Proses PID pada Pemanas Pipa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
Jurusan Teknik Elektro – Program Studi Teknik Listrik
JL. Soekarno Hatta No. 9 Malang 65141 Telp. +62 (341) 404424-25 – Indonesia

http://www.polinema.ac.id/

GATOT MOCHAMAD MUCHTAR, MUHLISIN, RESA KANDHY WINDAKA,
SIGI SYAH WIBOWO dan P. EFFENDRlK

Sistem produksi tradisional dengan pemanasan dan peleburan menggunakan tungku api mulai ditinggalkan dan mulai beralih menggunakan mesin. Pada industri pembuatan pipa kini sudah menggunakan mesin-mesin modern untuk lebih meningkatkan produktifitas dan kualitas produksi. Pada industri ini terdapat sebuah mesin yang digunakan untuk memanaskan pipa ketika dicetak. Untuk pipa yang tebal, prosesnya mengharuskan pengaturan suhu pada temperatur rendah dan sebaliknya.

Akan tetapi, kontrol mesin pemanas pada cetakan pipa yang ada saat ini masih kurang kehandalannya karena hanya menggunakan kontrol ‘ON-OFF’, dan akibatnya suhu tidak dapat dikontrol secara baik dan sering terjadi kerusakan pada hasil produksi baik dikarenakan suhu yang terlalu tinggi ataupun suhu yang terlalu rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem kontrol yang dapat mengatur suhu mesin pemanas supaya stabil pada suhu yang diinginkan.

Dengan menggunakan sistem kontrol PID (Proporsional, Integrator dan Diferensiator), suhu mesin pemanas diharapkan dapat diatur dengan lebih bagus supaya memiliki overshoot, settling time, dan error steady state yang lebih baik sehingga dapat meminimalkan terjadinya kerusakan pada pipa yang dicetak. Dalam Tugas Akhir ini dirancang sistem pemanas dengan memanfaatkan kontroler PID. Peralatan yang digunakan adalah PLC TWIDO dengan Kontroler PID, Solid State Relay (SSR), Pemanas (Heater) dengan daya 350 watt dan thermocouple. Dari Tugas Akhir ini, diperoleh hasil yang sangat bagus, yaitu over shoot hanya sebesar 50,4%, settling time sebesar 21,6 menit dan error steady state hanya sebesar 16.8%. Hasil tersebut jauh lebih bagus dibandingkan dengan sistem yang menggunakan kontrol ‘ON-OFF’ saja yaitu over shoot sebesar 164,6%, settling time sebesar 31,08 menit dan error steady state sebesar 56,2%.

Spesifikasi Hardware dan Software :

PLC : Schneider – TWIDO TWDLMDA20DRT
Analog Module : Schneider – TWD ALM 3LT
Heater : 350 Watt, 220V
Relay : SSR – HSR2D104Z
Sensor : Thermocouple K Type
PLC Software : TWIDO Suite 2.01
SCADA Software : Vijeo Citect


PLC Schneider TWIDO – PID Controller



PLC Schneider TWIDO – PID Controller

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *